Visitasi BPS RI: Pojok Statistik Umsida Tunjukkan Perkembangan Pesat - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo

Dibuka pendaftaran Mitra Statistik untuk kegiatan BPS Tahun 2025. Baca pengumuman lengkapnya disini.

Visitasi BPS RI: Pojok Statistik Umsida Tunjukkan Perkembangan Pesat

Visitasi BPS RI: Pojok Statistik Umsida Tunjukkan Perkembangan Pesat

5 September 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memperlihatkan kesungguhannya dalam mengembangkan Pojok Statistik. Program Pojok Statistik yang digagas bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sidoarjo mendapat apresiasi tinggi dari Tim Pojok Statistik BPS Republik Indonesia (RI). Hal ini terungkap dalam kegiatan visitasi yang dilakukan pada 5 September 2024 di Ruang rapat FST GKB 4 Kampus 2 Umsida.

Dalam kunjungannya ke Kampus Umsida, Tim Pojok Statistik BPS RI melakukan evaluasi dan monitoring terhadap program kerja Pojok Statistik 2024. Tim yang dipimpin oleh Stefanie Intan Christienova, SST, M.Stat, ini memberikan penilaian positif atas kinerja Pojok Statistik Umsida.

"Umsida merupakan pendatang baru dengan antusiasme yang cukup tinggi," ujar Nova dalam sambutannya. Beliau mengapresiasi berbagai kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan oleh Pojok Statistik Umsida, termasuk publikasi infografis dan videografis yang menarik.

Senada dengan Nova, Kepala BPS Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Isma'il, S.Si., M.Ec.Dev, juga memberikan pujian. Beliau menggarisbawahi keunggulan Pojok Statistik Umsida dalam hal edukasi statistik yang melibatkan mahasiswa agen statistik secara aktif.

"Potik (Pojok Statistik) Umsida memiliki keunggulan dalam topik edukasi yang diserahkan kepada agen statistik dan berkolaborasi dengan kegiatan BPS lainnya, seperti Desa Cantik," ujar Isma'il.

Pojok Statistik Umsida: Jembatan antara Akademik dan Masyarakat

Ketua Tim Pojok Statistik Umsida, Dr. Suprianto, dalam paparannya menjelaskan berbagai kegiatan yang telah dilakukan. Mulai dari sosialisasi statistik, perkembangan Pojok Statistik Umsida, beragam kegiatan yang dilaksanakan, serta aksesibilitas yang tersedia termasuk lokasi, ruang, dan fasilitas, serta kolaborasi dengan Desa Cantik BPS Kabupaten Sidoarjo, hingga rencana pembinaan UMKM berbasis data statistik.

"Pojok Statistik Umsida ingin menjadi jembatan antara lembaga penyedia layanan statistik dan masyarakat," ujar Suprianto. Ia berharap Pojok Statistik dapat memberikan manfaat yang lebih luas, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan data statistik untuk berbagai keperluan.

Apresiasi dari Pimpinan Kampus

Wakil Rektor II Umsida, Dr. Heri Widodo, M.Si., Ak., CA, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin antara Umsida dan BPS. Ia berharap Pojok Statistik dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.

"Saya lebih respect dengan adanya Kerjasama Pojok Statistik ini karena program kerjanya lebih tertata," ujar Heri. Ia juga menyarankan agar pembinaan Pojok Statistik tidak hanya terfokus pada Fakultas Sains dan Teknologi, tetapi juga dapat melibatkan fakultas lain.

Harapan ke Depan

Visitasi ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi Pojok Statistik Umsida untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan. Tim Pojok Statistik BPS RI memberikan sejumlah masukan dan saran yang akan dijadikan bahan evaluasi untuk pengembangan program ke depan.

"Harapan saya Pojok Statistik Umsida dapat meningkatkan awareness, publisitas kegiatan, dan ilmu statistik dari BPS kepada masyarakat," ujar Nova.

Visitasi Tim Penilai Pojok Statistik BPS RI ke Umsida menjadi bukti nyata atas keberhasilan program Pojok Statistik yang digagas bersama BPS Kabupaten Sidoarjo. Dengan berbagai kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan, Pojok Statistik Umsida telah berhasil menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan statistik yang aktif di Jawa Timur. Harapannya, Pojok Statistik Umsida dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.

 Penulis: Falana Rofako Hakam

baca juga : Pojok Statistik Umsida jadi salah satu yang Terantusias dari 127 total se-Indonesia
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo (Statistics of Sidoarjo Regency)Jl. Pahlawan No 140 Sidoarjo

Telp (031)8941744

Faks (031)8946473

Email: bps3515@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik